Jumat, 31 Oktober 2014

CARA MEMBUAT MACAROONS

Ingredients:

  • 1 cup confectioners’ sugar (gula pasir)
  • 3/4 cup almond flour (Almond bubuk)
  • 2 large egg whites,(putih telur suhu ruang)
  • Pinch of cream of tartar (optional)
  • 1/4 cup superfine sugar (gula halus)
Cara membuat:
Blender gula pasir dan almond bubuk sampai halus, boleh pakai blender atau food processor. Setelah halus, ayak dua kali supaya tambah halus.
Kocok putih telur sampai soft peak, shiny, jangan sampai terlalu kaku. Lalu masukkan gula halus dan kocok dengan kecepatan tinggi sampai kaku. Kalo yang pakai cream of tartar bisa dimasukkan sebelum putih telur menjadi soft peak.
Masukkan blenderan almond bubuk yang halus ke kocokan putih telur dan aduk balik sampai rata. Masukkan ke dalam pastry bag (plastik contong segitiga) lalu semprotkan ke loyang datar yang sudah dialasi baking paper.
Setelah disemprot di loyang, jangan langsung dimasukkan ke oven ya. Biarkan adonan menunggu. Tante Martha sih bilang 15 menit, ada resep yang bilang sampai satu jam … Aku ambil 30 menit saja deehh.
Masukkan ke dalam oven yang sudah dipanaskan 180C, tapiiii saat masuk adonan ke oven, suhu oven harus diturunkan jadi maksimal 160C (kenali oven masing-masing ya!). Waktu panggang hanya 10 menit di suhu 150C. Nah ini sendiri sebenarnya aku masih belum berhasil, karena macaronku sukses pecah semua :)) Eh nggak dink, masih ada beberapa yang selamat gak pecah.
Inti dari kegagalanku adalah aku belum bisa menjaga suhu macaronku pada suhu yang tepat. Aku lihat di video Martha Stewart Living itu malah ribet lagi. Jadi si Macaron masih harus diputer-puter lagi di dalam loyang, yang begene neeh yang suka bikin aku mualllessss bikin kue kalo mesti muter-muterin loyang dalam oven.

0 komentar:

Posting Komentar