Kamis, 16 Agustus 2018

Pengalaman Ospek Fakultas Unair

OSPEK FAKULTAS PERIKANAN DAN KELAUTAN UNIVERSITAS AIRLANGGA (PKKMB)

        Kali ini saya akan membahas tentang ospek saya di Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Airlangga. Saya mengikuti ospek fakultas kurang lebih 3 hari. Selama ospek saya merasakan rasa senang karena bertemu dengan teman - teman baru di Surabaya, karena saya tidak berasal dari Surabaya. Sedikit cerita, saya ingin sekali kuliah di Airlangga karena masuk 10 besar universitas terbaik se-Indonesia, maka dari itu saya rela meninggalkan Jakarta.
        Pada hari pertama kami semua berkumpul perkelompok yang kebetulan saya kelompok pertama (Osphronemus gouramy). Setiap kelompok memiliki kakak IK masing - masing, sama semerti kakak pembimbing. Selama ospek kami dibimbing oleh kakak IK yang baik hati. Kami sebagai mahasiswa baru dimbimbing dan bibina oleh kakak IK supaya lebih mengenal lagi apa itu "universitas". Setelah seharian mendapatkan materi tentang pengenalan universitas, kami juga bermain dan bercanda tawa. Menurut pandanganku, kelompokku merupakan kelompok yang paling kompak dan berisik, jadi semua tidak heran dengan kelompok 1. Kami satu angkatan juga mendapat tugas untuk foto bersama satu angkatan. Bisa kamu bayangkan berapa lelahnya foto bersama 300 kurang manusia di Fakultas Perikanan dan Kelautan? tetapi dengan adanya tugas seperti itu, kita semua bisa saling kenal walau sekedar bertatapan lalu foto bersama.
        Untuk hari kedua, masih sama, yaitu mendapatkan materi tentang pengenalan terhadap perkuliahan. Kami semua hanya menyimak dan dituntut aktif dalam bertanya, supaya malatih softskill kita dalam perkuliahan, karena softkill sangat berpengaruh dalam penilaian. Oh iya! Hampir  saja lupa, hanya sekedar info saja, setiap pagi dan siang kami diberi konsumsi yang roti dan makanannya MAKNYUUUS. Jadi, jangan bolos PKKMB ya hehehe. Lalu pada sore hari, komdis datang dan marah karena kita kurang disiplin. Contoh kekurang disiplinan kami adalah masih ada yang datang kurang tepat waktu, tidak melakukan 5s (senyum, salam, sapa, sopan, dan santun), dan masih banyak lagi kesalahan kami. Kami pun meminta maaf atas kesalahan kami. Maklum kak, masih kebawa suasana SMA nih hehehehehehehe.
        Pada hari ketiga kami diberi materi tetapi tidak sampai sore. Siang harinya komdis masuk dan tetap memarahi kami karena keteledoran yang kami lakukan, tetapi hari ini beda. Bukan kami yang disalahkan, melainkan kakak IK kami masing. Sebenarnya bukan salah kakak IK yang salah dalam mendidik anak asuhnya, tetapi diri kami masing - masing yang masih acuh tak acuh dalam segala hal. Tetapi kami mau untuk mengubahnya. Semoga dari PKKMB ini aku belajar untuk saling menghargai, lebih disiplin, sopan kepada setiap orang, gotong royong dalam kelompok, dan tidak mudah mengeluh dalam menghadapi semua hal. dari PKKMB ini saya belajar setiap detailnya. Saya ingin merubah pola pikir saya yang selama ini salah, manja. Terimakasih Airlangga, terima kasih kakak IK, terima kasih kawanku.

0 komentar:

Posting Komentar